Info Bisnis

Cosmax Indonesia Bersama Institut Pertanian Bogor Kembangkan Bahan Kosmetik Tanaman Asli Khas Indonesia

PEOPLENESIA.COM – Kini, industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Terlihat, berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dalam lima tahun kebelakang tercatat ada 226.684 produk yang terdaftar pada kategori kosmetika di Indonesia. Hal tersebut, dapat menunjukkan adanya peningkatan minat pasar akan produk kecantikan dan pertumbuhan jumlah produk kecantikan lokal di Indonesia.

Sebagai langkah turut memajukan industri kosmetika di Indonesia ke ranah global, Cosmax Indonesia sebagai perusahaan subsidiari Cosmax Group yang merupakan manufaktur kosmetik No.1 global berbasis di Korea Selatan, bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan rangkaian penelitian terhadap kultivasi tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi sebagai bahan baku utama produk kosmetika.

Hal tersebut merupakan salah satu rangkaian kerjasama integrasi yang dilakukan COSMAX Indonesia dengan beberapa Universitas terkemuka di Indonesia, dengan menggabungkan kekayaan potensi alam tanaman khas Indonesia dengan teknologi kosmetik modern terkemuka Korea untuk memaksimalkan potensi industri kosmetik lokal Indonesia.

Terkait kerjasama tersebut, Cosmax dan IPB menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) pada tanggal 29 November 2022 dengan Fakultas Pertanian IPB dan Memorandum of Understanding (MOU) pada tanggal 6 Desember 2022 dengan Perguruan Tinggi IPB mengenai “Kultivasi Tanaman Khas Indonesia untuk Bahan Baku Kosmetika” dan peresmian kerjasama IPB – COSMAX Smart Green Farm.

Berdasarkan kerjasama ini, Cosmax Indonesia dan IPB akan melaksanakan beberapa kegiatan berupa penelitian bersama dengan mendirikan Smart Green Farm sebagai sarana penelitian budidaya tanaman, yang kemudian bahan baku tersebut akan diteliti untuk dikembangkan menjadi bahan baku kosmetik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit orang Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Kedepannya, bahan baku tersebut akan didistribusikan secara global ke beberapa negara melalui Cosmax Network. Kemudian, Cosmax juga akan bekerjasama dengan IPB untuk program internship dan career fair.

“Kerjasama antara Cosmax dengan perguruan tinggi di Indonesia menjadi salah satu terobosan besar untuk memaksimalkan potensi mahasiswa dan industri kosmetik lokal di Indonesia. Kesempatan ini merupakan langkah yang baik untuk mempresentasikan kekayaan alam dan tanaman khas Indonesia ke ranah global.” Menurut Representatif Fakultas Pertanian IPB.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Mr. Lee Kyung-Soo selaku Group Chairman Cosmax Group, Cheong Min-Kyoung selaku Presiden Direktur Cosmax Indonesia, dan Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si selaku Rektor IPB, dan beberapa pihak terkait lainnya dari Cosmax dan IPB.

“COSMAX Group memiliki pusat R&I terkemuka yang mampu meneliti dan mengembangkan bahan baku dan formulasi kosmetik. Berbekal kemampuan yang kami miliki, kami ingin memperluas pemahaman mengenai karakteristik kulit orang Indonesia dan potensi bahan baku tanaman khas asli Indonesia. Hal itu bertujuan untuk mempresentasikan potensi warisan industri kosmetik Indonesia ke ranah global. ” Ujar Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia.

COSMAX Indonesia meyakini kerjasama ini akan memberikan dampak positif terutama untuk perkembangan industri kosmetika lokal kedepannya, hal tersebut juga didukung dengan kemampuan IPB dalam bidang pengembangan agrikultural, sehingga dapat memberikan terobosan inovasi kosmetik terbaharukan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like